Selasa, 06 Juni 2023

SANDAL DI MASJIDIL HARAM'


Ada kisah menarik dan menjadi sebuah renungan yang kami alami ketika beberapa tahun yang lalu menunaikan ibadah haji. Kisah ini tentang sandal. Di dalam Masjidil Haram terdapat rak-rak untuk menitipkan sandal atau alas kaki jamaah. Jumlahnya sangat banyak. Sampai ribuan rak yang tersebar diberbagai tempat.

Saat itu saya memakai sandal baru. Itu pemakaian yang pertama kali. Harganya lumayanlah. Supaya aman dan tak hilang maka saya sengaja meletakkan sandal sebelah kiri dan kanan di rak secara terpisah. Jarak antara kedua rak tempat saya menitipkan sandal sekitar lima meter. Tempat dan nomornya saya ingat betul.

Alhamdulillah, saat melaksanakan ibadah tenang dan tidak ada rasa khawatir sandal baru hilang. Logikanya nggak mungkin hilang karena sandal dipisahkan tempatnya. Saat ingin mengambil sandal baru ternyata tidak kelihatan. Hilang.Kami perhatikan lokasi dan nomor raknya tidak salah. Kami coba untuk melihat lebih teliti mana tahu terselip diantara sandal yang lain  juga tak ketemu si sandal baru.

Akhirnya kami sadar. Ya Allah kami salah. Kami sudah berdosa. 
Kenapa harus ada keraguan dan takut kehilangan sandal baru kami 
Padahal kami berada di rumah-Mu sebagai tamu-Mu. Yang seharusnya kami punya sikap 100% harus merasa aman. Tidak boleh ragu karena kami berada di rumah-Mu.

Alhamdulillah, Kami harus bersyukur dengan peristiwa ini.
Ya Allah Engkau beri peringatan langsung kepada kami. Itu tandanya Engkau ya Allah sangat sayang kepada kami. 
Jikapun hilang sandal baru kami atau yang lain. Sekali lagi kalau pun hilang tentu itu tidak sebanding dengan nikmat yang Engkau berikan.
Beraplah harga sebuah sandal yang hilang dibandingkan kenikmatan yang Engkau bisa menjadi Tamu-Mu hadir di Masjidil haram. 
Belajarlah untuk ikhlas. Benar-benar ikhlas saat kita kehilangan sesuatu yang pada dasarnya bukan milik kita.

Sekedar nasehat kepada calon jamaah haji bawalah kantongan atas tas sebagai tempat menyimpan sandal kita. Begitu luasnya Masjidil Haram membuat kita lupa tempat dan rak penyimpanan sandal atau alas kaki kita.

Selamat menunaikan ibadah haji semoga dapat menjalankan prosesi ibadah haji dengan sempurna.






0 comments:

Posting Komentar