Kamis, 29 Juni 2023

KOMITMEN KETAATAN: TAKBIR,TAHLIL DAN TAHMID



Takbir, Tahlil dan Tahmid dikumandang terus menerus sejak malam 10 Zulhijjah sampai 13 Zulhijjah. Hal ini mengisyaratkan komitmen setiap muslim atas tiga hal tersebut. Ucapan Takbir " Allahu Akbar" menunjukkan komitmen tentang kebesaran Allah SWT. Allah SWT lah segala-galanya. Kita manusia adalah makhluk kecil tidak punya daya dan upaya. Kita tidak memiliki kekuatan, kalaupun ada itu sangat kecil sekali tidak ada artinya dihadapan Allah Swt.Manusia sangat tergantung kepada Allah Swt.

Ucapan Tahlil " La ila ha Illallah " adalah pengakuan sebagai seorang muslim yang tak boleh bergeser sedikitpun yaitu Tiada Tuhan yang disembah selain daripada Allah SWT,  Inilah kalimat tauhid yang harus kokoh pada sikap seorang muslim. Tidak boleh ada keraguan atas sikap ini. Itulah sebabnya prilaku syirik menduakan Allah merupakan dosa yang teramat besar.

Ucapan Tahmid " Alhamdulillah ' merupakan sikap rasa syukur kepada Allah Swt. Rezeki yang kita terima dalam berbagai bentuk semua dari Allah Swt. Cara dan upaya kita hanya merupakan sebuah upaya . Memiliki sifat Rasa syukur adalah karakter seorang muslim.

Ketiga ucapan / komitmen inilah yang harus dimiliki seorang  muslim untuk bisa melewati sebuah cobaan menyelesaikan perintah Allah seberat apapun. Ketaatan kita terhadap perintah Allah menjadikan kita mengenang kembali Keluarga Nabi Ibrahim AS. Allah Swt perintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya Ismail saat beranjak remaja. Putra yang diinginkannya sejak lama sampai usianya sudah tua. Sebagai seorang ayah tentu ini sebuah perintah yang amat berat. Perintah yang tak masuk akal. 

Disinilah ketaatan Nabi Ibrahim kepada Allah harus diuji. Tidak saja Nabi Ibrahim tetapi juga anaknya Ismail dan Istrinya Hajar diuji atas ketaatannya kepada perintah Allah. 

Ketiga komitmen Takbir Tahlil dan Tahmid inilah keluarga Nabi Ibrahim, Ismail dan Hajar berhasil sempurna menyelesaikan perintah Allah Swt  yang teramat besar. Walaupun penyembelihan tidak terjadi dan Allah Swt gantikan dengan seekor kambing tetapi Allah SWT sudah melihat ketaatan dan keikhlasan yang sempurna melaksanakan perintah-Nya. 

Keikhlasan dan ketaatan inilah yang diabadikan Allah Swt dalam prosesi ibadah haji mulai wukuf di Arafah sampai melontar jumroh mulai tanggal 10 sampai 12 Zulhijjah di Mina. Bagi kita di tanah air melaksanakan puasa Arafah, shalat Idul Adha dan melaksanakan ibadah qurban. Dan tetap berkomitmen menegaskan ucapan Takbir, Tahlil dan Tahmid. Makna Ucapan ini harus tertanam didalam jiwa bukan sekedar ucapan yang lepas dari mulut.
Allahu Akbar...Allahu Akbar..La ila haillallahu wallahu Akbar . 
Allahu Akbar..walillah ilhamd

0 comments:

Posting Komentar