Kamis, 15 Juni 2023

KITA AKAN DIUJI


Apakah manusia mengira bahwa mereka akan dibiarkan hanya dengan mengatakan, "Kami telah beriman," dan mereka tidak diuji? ( QS. At-taubah:2)

Pesan Al-Qur'an dalam surat at-Taubah:2 menyampaikan bahwa setiap orang beriman pasti akan diuji . Semakin beriman maka ujian hidup juga akan semakin berat.  Ujian itu adalah bagian dari sebuah seleksi untuk menguji keimanan itu sendiri.

Secara tersirat, ayat di atas ingin menggambarkan pandangan sebagian besar manusia bahwa kalau sudah beriman maka Allah tidak lagi mengujinya. Itulah sebabnya banyak orang yang protes kepada Allah . Ya Allah aku rajin beribadah kenapa aku masih susah. Ya Allah kenapa musibah datang terus padahal aku sudah rajin shalat. Ya Allah kenapa aku nggak sembuh-dembuh padahal aku rajin berinfaq. Dan sebagainya.

Kesimpulannya

Kita akan tetap diuji oleh Allah dengan berbagai bentuk. Ujian itu bagi orang beriman adalah sebuah cara Allah untuk mengukur kadar keimanan kita. Orang-orang beriman harus memiliki pemahaman bahwa setiap orang beriman akan diuji. Semakin tinggi keimanan kita maka ujian akan semakin berat. 

0 comments:

Posting Komentar