Senin, 11 Maret 2024

PUASA DIKENAL DI SEMUA AGAMA



Al-Qur'an surat Al-Baqarah:183 memberikan informasi kepada kita bahwa pelaksanaan ibadah puasa itu dikenal juga pada agama-agama terdahulu. Ayat tersebut juga menyampaikan bahwa ibadah puasa itu pada dasarnya adalah sebuah perintah yang harus dilaksanakan oleh umat-umat terdahulu. Dalam bahasa agama disebut dengan hukumnya wajib.

Bila kita baca berbagai literasi tentang ibadah puasa maka kita temukan hampir semua agama mengenal ibadah puasa. Agama Buddha istilah puasa disebut dengan upo sata. Waktu pelaksanaannya itu berdasarkan perhitungan kalender Buddhis. Saat berpuasa mereka boleh minum tetapi tidak boleh makan.

Agama Khonghucu dikenal dengan istilah puasa rohani dan puasa jasmani. Pada agama Hindu puasa disebut dengan istilah upawasa. Puasa yang mereka lakukan itu diantaranya sebagai upaya menembus dosa dan dilakukan selama 3 hari. Selain itu dikenal juga dengan istilah puasa nyepi.

Agama Yahudi dikenal juga beberapa istilah atau jenis puasa diantaranya puasa yom kippur. Ini adalah ibadah puasa dalam pertobatan. Di samping itu orang-orang Yahudi juga melaksanakan ibadah puasa saat mereka ditimpa musibah. 

Bagi Agama Katolik dikenal ada puasa pra paskah. Puasa ini dilakukan selama 10 hari mulai dari Rabu abu sampai Jumat Agung. Pelaksanaannya diperbolehkan makan sekali dalam satu hari. Agama Kristen dikenal dengan istilah puasa 40 hari dan juga berbagai jenis puasa lainnya.

Berdasarkan uraian di atas maka ibadah puasa merupakan ritual tradisi ibadah dari berbagai agama. Bagaimana cara pelaksanaannya dan kapan dilaksanakan tentu berbeda antara satu agama dengan agama lainnya. Tapi yang pasti pelaksanaan ibadah puasa tersebut ada larangan untuk makan dan aktivitas lainnya yang tidak boleh dilakukan selama melaksanakan ibadah puasa.

Keseluruhan pelaksanaan ibadah puasa itu apakah itu agama Islam atau agama yang lain pada dasarnya adalah ritual untuk mensucikan diri, menembus kesalahan sekaligus upaya untuk mendekatkan diri kepada sang khalik. Dalam bahasa alquran disebut dengan tujuan untuk menjadi orang bertakwa.
Selamat menjalankan ibadah puasa semoga kita meraih nilai-nilai ketakwaan.
#CatatanRamadhan2024
#CatatanErwinTanjung

0 comments:

Posting Komentar