Minggu, 10 Maret 2024

PUASA UNTUK YANG BERIMAN

Allah SWT berfirman:


يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

QS. Al-Baqarah:183

Ibadah puasa itu diperintahkan bagi orang yang beriman. Ini tertuang pada QS. Al-Baqarah:183. Tentu ini menunjukkan bahwa puasa itu adalah ibadah yang spesial. 

Kadar iman yang bagaimana diwajibkan Allah SWT untuk berpuasa?
Tentang hal ini Allah SWT tidak menjelaskan atau menetapkan berapa kadar iman yang diperintahkan untuk berpuasa. Mau 5%, 10%, 50% atau berapapun tidak ditentukan oleh Allah SWT. Artinya seberapa besarpun keimanan seseorang Allah SWT merekomendasikan sekaligus mewajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa.

Ini bermakna Allah SWT menghargai seberapa besar kadar iman seseorang sekaligus memberikan peluang untuk meningkatkan kadar iman seseorang. Bagi orang beriman ini tentu sebuah peluang yang diberikan Allah SWT untuk memperbaiki kadar iman seseorang. Ramadhan adalah sebuah momen agar iman tetap dipertahankan dan ditingkatkan.
Marhaban ya Ramadhan.
#CatatanRamadhan2024




1 komentar: