Kamis, 07 Maret 2024

BEDA AWAL RAMADHAN HAL BIASA

PP Muhammadiyah sesuai edarannya telah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024. Edaran PP Muhammadiyah menyebutkan bahwa pada Ahad (10/3/2024) saat matahari terbenam bulan sudah terlihat pada posisi +00⁰56'28''. Sesuai dengan kriteria Muhammadiyah yang memakai sistem hisab dengan kriteria Wujudul Hilal maka esoknya (11/3/2024) telah masuk Ramadhan.


Pemerintah sendiri belum menetapkan awal Ramadhan. Sistem yang dipakai pemerintah selain hisab juga memakai sistim rukyat yaitu melihat secara langsung kondisi bulan saat matahari terbenam. Selain itu memakai kriteria bahwa posisi bulan harus berada tiga derajat ke atas . Sebelumnya kriteria yang dipakai dua derajat. Mengacu dari kriteria tersebut maka dapat dipastikan pemerintah akan menetapkan awal Ramadhan hari Selasa (12/3/2024).

Sekali lagi awal Ramadhan berbeda. Bagi ummat Islam perbedaan ini sudah hal yang biasa. Tentu tak lagi dipermasalahkan. Masyarakat harus dicerdaskan tentang dasar perbedaan tersebut agar menjadi masyarakat yang cerdas. Sekali lagi perbedaan dalam khasanah ummat Islam adalah sudah hal biasa. Ummat Islam sudah biasa dengan berbagai pandangan fiqih. Sekali lagi mari perbedaan ini membuat ummat harus memahami dan menjadikan ummat cerdas dalam beragama.

Selamat menjalankan dan menikmati Ramadhan. Bulan yang penuh berkah, Rahmat dan ampunan.
#CatatanRamadhan2024


0 comments:

Posting Komentar