Senin, 02 Oktober 2023

MENGAPA KURIKULUM BERUBAH?



Kurikulum merupakan seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Intinya kurikulum adalah rencana pembelajaran. Oleh karena itu, semua pihak yang terlibat dan berkaitan langsung dengan fungsi kurikulum ini wajib memahaminya. Lewat kurikulumlah generasi penerus dirancang untuk mampu menghadapi masa depan. Oleh sebab itulah peranan kurikulum itu sangat penting sekali sekali. Sebab ini terkait mempersiapkan generasi bangsa menghadapi berbagai persoalan masa depan sebuah bangsa.

Dalam dunia pendidikan, sudah tentu kurikulum menjadi hal yang sangat penting. Tanpa adanya kurikulum yang tepat, para peserta didik tak akan memperoleh target pembelajaran yang sesuai. Perkembangan zaman berjalan dengan cepat sudag tentu setiap kurikulum harus mampu menyesuaikan dengan kebutuhan terkini. Sehingga nantinya apa yang mereka peroleh dari dunia pendidikan dapat menghadapi tantangan. 

Inilah alasan pokok mengapa kurikulum itu bisa berubah. Peserta didik harus mampu menghadapi persoalan yang akan dihadapinya. Kurikulum yang dibangun sebelumnya tentu tidak bisa mengantisipasi perkembangan zaman yang cepat berubah. Jika perubahan kurikulum ini tidak dilakukan, maka dapat dipastikan peserta didik akan gagal. 
kurikulum yang dirancang memiliki relevansi .

Perubahan kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka adalah bagian untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi kondisi zaman saat ini. Kurikulum Merdeka mencoba untuk menawarkan sebuah gagasan lebih fleksibel , sekaligus terfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Pemerintah berharap dengan kyurikulum merdeka ini siswa sudah dipoersiapkan dengan bekal untuk menghadapi masa depannya.

0 comments:

Posting Komentar