Minggu, 06 Agustus 2023

PROYEK DALAM KURIKULUM MERDEKA



Sebentar lagi kurikulum merdeka akan diterapkan ke seluruh sekolah. Pemberlakuan Kurikulum Merdeka tentu mendapat berbagai kritikan dari praktisi pendidikan. Terlepas dari itu semua mau tidak sekolah harus memberlakukan Kurikulum Merdeka.

Bagi guru kayaknya bukan sebuah persoalan mau apa namanya sebuah kurikulum yang akan diberlakukan. Kenapa??
Karena guru nggak pernah dilibatkan dalam sosialisasi dalam setiap kurikulum. Guru tidak pernah tuntas memahami sebuah kurikulum yang diberlakukan. Contohnya Kurikulum 13. Sampai saat ini saja guru masih banyak yang tidak paham tentang kurikulum 13.  Begitu juga dengan Kurikulum Merdeka. Dipastikan banyak guru tidak paham dan tidak tahu apa yang akan dilakukan dengan kurikulum baru ini.

Kebingungan para guru terlihat saat pengerjaan proyek bagi siswa. Kurikulum Merdeka mengklaim bahwa model pemberian proyek adalah hal yang baru. Baik bagi siswa maupun bagi guru. Sudah tentu pendapat ini tidak benar. Model proyek sebenarnya sudah dikenal dalam kurikulum 13. Terlepas dari perbedaan pandangan tersebut yang pasti kebanyakan guru tidak paham apa itu model proyek. Guru tidak tahu apa yang harus dilakukan terkait model proyek dalam kurikulum merdeka. Ini semua disebabkan minimnya sosialisasi model proyek pada guru. Belum lagi proyek dalam Kurikulum Merdeka ini adalah proyek yang berkolaborasi banyak guru dengan bidang studi yang beda. 
Bagaimana kordinasinya? 
Bagaimana tata kerjanya?
Apa yang akan dikerjakan siswa? 
Adalah diantara pertanyaan yang mengganjal para guru untuk menyukses model'pembelajaran proyek yang merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka.

Untuk itu perlu kiranya pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan untuk benar-benar mensosialisasikannya Kurikulum Merdeka ini dengan benar kepada guru. Guru harus memahami betul substansi dari Kurikulum Merdeka ini. Pemahaman yang benar ini harus dikuasai oleh guru sebagai bekal untuk menerapkan Kurikulum Merdeka ini dalam proses pembelajaran di kelas.

0 comments:

Posting Komentar