Senin, 29 Mei 2023

MEMBANGUN DAKWAH DIGITAL

        Kalau mau jujur, dakwah kita masih tertinggal terkait dengan penggunaan jaringan digital. Dakwah digital belum begitu familiar di kalangan penggiat dakwah. Kegiatan dakwah yang kita lakukan masih bersifat konvensional. Dakwah masih dilakukan dari rumah ke rumah secara tatap muka. Padahal jamaah hampir rata sudah memiliki perangkap telepon android dan sudah terbiasa memakainya untuk berselancar dan dunia digital.  

        Tentu tidak sebatas kegiatan pengajian jika kita bicara tentang dakwah digital. Bicara tentang dakwah digital itu bicara tentang segala aspek dakwah yang harus kita kaitkan dengan digital. Tepatnya digitalisasi dakwah. Dakwah ke depan tidak bisa kita lepaskan dari jaringan digital. Tentu ini sebuah pekerjaan yang tidak mudah. Masyarakat kita belum punya budaya menjadikan jaringan digital sebagai sarana literasi untuk mencari imformasi. Kita belum terbiasa menganalisis dan mencari dalam jaringan digital untuk memperkaya pengetahuan kita.Saat ini kecendrungan digital itu sebatas hiburan semata. Apalagi menjadikan jaringan digital sebagai sarana kita menuangkan gagasan.

            Budaya menulis, menuangkan gagasan yang sangat rendah merupakan salah satu faktor dakwah digital tidak berkembang di kalangan penggiat dakwah apalagi di daerah seperti di Kabupaten Karo.Oleh sebab itu perlu digagas untuk membangun semangat berdakwah dalam jaringan digital. Perlu ada kerjasama , kolaborasi semua pihak untuk membangun bersama-sama suasana dakwah digital. Penggiat dakwah harus dilakukan pembelajaran dan  pembiasaan untuk bergelut didalam dunia digital. Para penggiat dakwah harus diberikan pembekalan kemampuan untuk menggunakan jaringan digital untuk segala aktifitas dakwah.

            Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Kab. Karo mencoba untuk membangun dakwah digital di kalangan penggiat dakwah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pelatihan pembuatan website/blog. Kegiatan yang dilaksanakan hari Ahad ( 28 Mei 2023) di Masjid Agung Kabanjahe sebagai langkah awal memperkenalkan dakwah digital lewat blog. Alhamdulillah kegiatan ini telah membuat blog dengan judul Dakwah Digital Karo . Blog ini akan diberi secara keroyokan oleh dai peserta pelatihan ini. Dengan demikian blog akan bisa hidup karena melibatkabn banyak orang yang diberi akses untuk mengisis konten dakwah dalam blok ini. Sekali lagi upaya untuk membangun dakwah digital Karo diperlukan konsistensi untuk memperkenalkan dakwah digital ini. Di samping itu perlu kesadaran semua pihak khususnya penggiat dakwah untuk bisa melibatkan diri membangun blog Dakwah Digital Karo ini. Kita berharap ke depan blog ini menjadi acuan imformasi terkait seluruh kegiatan dakwah di Kabupaten Karo. Semoga







        

        
        


0 comments:

Posting Komentar