Selasa, 24 November 2020

HUT GURU DI MASA PANDEMI COVID-19

Sumber foto :
https://bone.go.id/2020/11/17/logo-dan-tema-hari-guru-nasional-tahun-2020/

 

Tepat hari ini tanggal 25 Nopember 2020 kita merayakan Hari Guru Nasional. Penetapan tanggal ini sebagai hari Guru Nasional sebagai sebuah penghargaan pemerintah kepada guru yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun  1994. Tanggal 25 Nopember ini juga sebagai hari ulang tahun PGRI ( Persatuan Guru Republik Indonesia. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2020 ini suasana perayaan Hari Ulang Tahun Guru bersamaan dengan masa pandemi Covid-19. Hal ini mengakibatkan hampir satu tahun guru-guru Indonesia tidak bertemu dengan peserta didik dalam proses pembelajaran secara tatap muka. Proses pembelajaran yang hampir tidak terbayangkan  oleh  para guru sebelumnya. Suasana ini juga sekaligus membuat para pendidik juga pemerintah ( dalam hal ini Dinas Pendidikan ) kewalahan mencari model dan strategi Pembelajaran Jarak jauh. Hal ini diperparah dengan kondisi siswa yang secara umum belum siap untuk belajar secara daring ( dalam jaringan ). Belum lagi berbagai fasilitas yang minim serta kemampuan menggunakan teknologi imformasi yang tidak mumpuni. Semua ini membuat persoalan panjang pendidikan kita di masa Pandemi Covid-19. Pendidikan Indonesia tentu dalam permasalahan besar untuk mempersiapkan anak didik di masa depan pandemi ini.

Dalam kondisi inilah bangsa ini berharap peran guru sebagai garda terdepan mengatasi problema pendidikan di masa pandemi ini. Pendidikan tidak boleh berhenti. Pendidikan harus tetap berlangsung di masa Pandemi Covid-19 ini. Keberlangsungan pendidikan yang harus berjalan inilah harus menjadi tanggungjawab yang besar buat seorang guru. Kondisi inilah banyak pihak berharap guru memiliki daya kreatif untuk mempersiapkan dan mengemas proses pembelajaran di masa pandemi ini menjadi menarik serta target proses pembelajaran bisa tercapai. Tentu ini bukanlah hal yang mudah. Pandemi Covid-19 yang mendadak dan tak terbayangkan oleh kita tidak memberikan guru waktu untuk mempersiapkan diri. Akibatnya pembelajaran selama pandemi secara umum tidak berhasil dengan baik.

Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi Covid-19 menjadi pelajaran pagi setiap guru. Guru harus mejadi garda terdepan untuk membenahi pendidikan di masa Pandemi Covid-19. Semangat untuk belajar kembali mengasah kemampuan khusus bidang teknologi imformasi harus ditingkatkan. Guru harus berpikir jauh ke depan bagaimana strategi pembelahjaran di masa depan. Guru harus mulai berpikir bahwa proses pembelajaran tatap muka bukanlah menjadi model pendidikan di masa depan. Pandemi Covid-19 ini sekaligus memberi pembelajaran kepada setiap guru bahwa pembelajaran daring adalah sesuatu yang akan terjadi bahkan akan menajdi adab kebiasaan baru proses belajar mengajar. Mau tidak mau guru harus mampu menyesuaikan diri dan terus belajar. Berhasil tidaknya pendidikan di masa Pandemi Covid-19 orang akan melihat dari sisi guru..

Selamat Hari Guru Nasional 2020 kepada seluruh guru Indonesia si Pahlawan Tanpa tanda Jasa. Tetaplah bersemangat , janganb menyerah untuk membangkitkan dunia pendidikan dimasa Pandemi ini. Wujudkan merdeka belajar dengan memunculkan kreatifitas mengajar dari Sang Guru sesuai dengan tema Hari Guru Nasional 2020. " Bangkitkan Semangat, Wujudkan Merdeka Belajar".

0 comments:

Posting Komentar